Pertanyaan

head

Pertanyaan Teknis yang sering ditanyakan.

T. Apakah penetas Aviamax sudah Full Otomatis?
J. Penetas Aviamax sudah menerapkan sistem pemutaran telur full otomatis, bahkan kami adalah pelopor penggunaan pemutar rak telur dengan synchronous gear motor dan timer analog per 3 jam.

T. Apakah dijamin menetas?
J. Yang kami jamin adalah penetas otomatis yang semua sistemnya bekerja dengan baik. Penetasan yang berhasil selain ditunjang oleh alat penetas yang bekerja sesuai prinsip penetasan yang baik,  juga ditentukan oleh parameter lain, yaitu OPERATOR yang selalu memonitor suhu dan kelembaban secara berkala, dan yang PALING PENTING adalah jaminan mendapatkan telur tetas yang berkualitas.

T. Penggunaan penetas otomatis apakah tinggal memasukkan telur dan menunggu sampai menetas?
J. Penetas otomatis digunakan untuk mengefisienkan pekerjaan pembalikan telur dan pengaturan suhu, namun tetap harus melakukan pekerjaan lainnya agar bisa menetas dengan baik. Pengaturan awal dan monitor suhu & kelembaban, seleksi telur dan pemindahan telur saat fase pengeraman / penetasan tetas harus tetap dilakukan secara berkala.

T. Apakah penetas Aviamax sudah diuji coba dan berapa daya tetasnya?
J. Penetas otomatis Aviamax telah diproduksi sejak tahun 2008, hasil dari pengembangan sejak tahun 2000. Sebelumnya tentu kami sudah melakukan uji coba, baik dari kami sendiri mapun di uji coba secara akademis untuk TA / Skripsi dan pada praktisi / peternak langsung agar benar-benar didapat hasil yang objektif. Bahkan prototipe yang dibuat pada tahun 2005 masih digunakan untuk pembibitan ayam jepang / onagadori hingga sekarang (8 tahun) TANPA penggantian suku cadang apapun. Daya tetas secara umum berkisar 80 – 95%, tergantung jenis dan kualitas telur tetas.

T. Pengatur suhu apa yang digunakan penetas Aviamax?
J. Penetas Aviamax sudah menggunakan pengatur suhu mikrokontroller digital dengan display LCD atau 7 Segment. Pengatur suhu adalah desain KHUSUS untuk aplikasi penetas telur dengan akurasi tinggi, dan fluktuasi suhu 0,3 derajat celcius, bukan thermostat digital universal biasa buatan China seperti pada penetas merk lain.

T. Apakah penetas Aviamax sudah menggunakan rak telur setter dan hatcher?
J. Penetas Aviamax sudah menerapkan sistem Setter dan Hatcher terpisah dengan rak telur full aluminium. Ada penetas merk lain dimana setter dan hatcher berada dalam satu dudukan sehingga hanya bisa digunakan untuk sekali periode penetasan.

T. Apakah penetas Aviamax bisa digunakan untuk menetaskan telur berbagai usia / memasukkan telur kapan saja?
J. Penetas Aviamax bisa digunakan untuk menetaskan telur berbagai usia dan bisa memasukkan telur kapan saja, tidak harus menunggu semua telur terkumpul. Yang penting harus dilakukan manajemen waktu penetasan yang terencana, disarankan memasukkan telur minimal 3 hari sekali dan maksimal 7 hari sekali.

T. Apakah bisa menetaskan dua macam telur berlainan secara bersamaan?
J. Bisa saja menetaskan dua macam telur berlainan, tetapi syaratnya kedua jenis telur harus mempunyai suhu dan kelembaban yang sama, walaupun waktu penetasan berbeda. Syarat lain adalah harus melakukan manajemen pengaturan waktu penetasan yang tepat agar saat menetas tidak bersamaan waktunya. Tetapi kami sarankan menggunakan satu jenis telur untuk satu periode penetasan karena bisa saja telur tetas berbeda spesifikasinya.

T. Apakah penetas Aviamax menggunakan kontrol kelembaban?
J. Penetas Aviamax menggunakan sistem kelembaban alami, atau hanya menggunakan bak air. Digunakan dua bak air untuk kelembaban yang merata yaitu bak air dari atas yang ditiup oleh fan / kipas dan bak air di bawah rak telur hatcher untuk meningkatkan kelembaban saat fase menetas. Karena sudah merata dan sesuai maka tidak diperlukan alat kontrol kelembaban + pemanas yang berharga mahal dan boros listrik seperti penetas merk lain.

T. Bahan apakah yang digunakan penetas Aviamax?
J. Penetas Aviamax menggunakan bahan box dari papan panel MDF yang telah diberi lapisan cat water resistant 2 lapis + water repellent (penolak air) 1 lapis, agar tahan air, jamur dan tahan lama. Bahan rak telur menggunakan bahan profil dan mesh full aluminium.

T. Apakah penetas Aviamax menggunakan teropong telur?
J. Penetas Aviamax adalah pelopor penggunaan teropong telur yang menyatu / built in dengan penetas, dan kini telah mengaplikasikan teropong telur / egg candler High Power Led dengan intensitas cahaya super terang (200 – 300 lm), namun daya listriknya super rendah (3 watt), dan bisa digunakan siang maupun malam.

T. Apakah penetas Aviamax bisa untuk menetaskan telur burung?
J. Penetas Aviamax bisa digunakan untuk menetaskan hampir semua telur burung, mulai dari telur burung ukuran sedang (dara, puyuh) sampau telur ukuran kecil / burung berkicau (love bird, kenari, cucak rowo, murai batu, jalak bali, walet, dll).

T. Apakah penetas Aviamax bisa untuk menetaskan telur bebek?
J. Pada prinsipnya penetas Aviamax bisa untuk menetaskan hampir semua telur unggas termasuk telur bebek. Dari percobaan oleh kalangan akademis dan praktisi bisa memperoleh daya tetas 78 – 86%. Namun karena alasan efisiensi dan keterbatasan spare part, kami belum memproduksi lagi penetas telur khusus telur bebek.

T. Bagaimana jika ada peralatan yang rusak, apakah ada jaminan?
J. Pembelian penetas Aviamax disediakan jaminan selama 6 bulan untuk peralatan Thermostat, Timer, Motor dan Teropong Telur. Untuk thermostat dan timer bersifat ‘Plug and Play’ atau bisa dilepas pasang dengan mudah. Jika timer rusak / dilepas, maka penetas masih bisa dioperasikan secara manual dengan menekan tombol. Motor pemutar selama ini belum pernah ada laporan kerusakan fatal karena tidak beroperasi kontinyu. Thermostat sudah menggunakan komponen yang tahan terhadap masalah ketidakstabilan listrik PLN seperti voltase rendah atau naik turun.

T.Apakah bisa membeli peralatannya saja seperti alat pemutar rak telur?

J.Saat ini kami hanya menjual peralatan penetas telur berupa thermostat digital dan teropong telur. Peralatan lain seperti alat pemutar belum kami jual secara terpisah mengingat keterbatasan spare part.

T. Bagaimana mengatasi listrik yang sering padam?
J. Untuk listrik mati sekali-sekali dengan durasi max 3 jam, tidak perlu dilakukan tindakan apapun karena dalam penetas masih tersimpan panas asal pintu tidak dibuka. Untuk listrik mati sekali-sekali dengan durasi 3-12 jam bisa digunakan lampu minyak kecil (dengan nyala kecil) dan diletakkan di bawah penetas tepat pada pelat aluminium. Untuk listrik mati hampir tiap hari dengan durasi lama disarankan menggunakan Genset kecil atau kombinasi Inverter + Aki mobil (bisa ditambah Charger untuk mengisi aki saat listrik hidup)

*****
Pertanyaan Non Teknis yang sering ditanyakan.

T. Apakah penjualan penetas Aviamax secara online bukan penipuan?
J. Kami adalah produsen penetas telur sejak tahun 2000, mulai menjual secara online tahun 2008 dan telah punya reputasi yang baik, jujur,dan terpercaya, dibuktikan tidak adanya laporan penipuan di media manapun. Kejujuran kami bisa juga dilihat pada situs / blog yang kami kelola secara serius, lengkap,  berisi artikel-artikel hasil tulisan dan penelitian sendiri, bukan copy paste dari situs lain. Penjualan dengan modus penipuan biasanya membuat situs / iklan online apa adanya dan seringkali tidak bertahan lama keberadaannya.

T. Bagaimana cara pesan dan membeli penetas Aviamax?
J. Pemesanan penetas Aviamax sangat simpel, paling cepat dengan SMS berisi nama, alamat kota, kode pos, jenis telur dan kapasitas penetas yang diperlukan. Nanti akan kami cek dulu ongkos kirim jika ada, dan menghitung harga totalnya. Selanjutnya akan kami balas via sms harga total beserta nomor rekening bank kami. Jika setuju dengan harga yang kami tawarkan, silakan konfirmasi kembali kepada kami dan membayar via transfer bank. Setelah pembayaran kami terima, pesanan akan segera kami produksi selama 3-4 hari / unit dan dikirim dengan jasa ekspedisi yang telah disepakati.
Pemesanan dan pembelian bisa juga dilakukan di alamat workshop kami di Surabaya. Kami juga melayani transaksi dengan rekber via Bukalapak atau Cash and Carrry (Ambil dan bayar di tempat) dengan sebelumnya melakukan konfirmasi dulu untuk menentukan tempat dan waktu yang telah disepakati.

T. Apakah bisa pembayaran dilakukan setelah pesanan dikirim / diterima?
J. Mohon maaf, kami hanya melakukan transaksi dengan sistem yang umum dilakukan pada jual beli online yaitu Pembayaran di muka dengan transfer bank dan pesanan akan dikirim setelah pembayaran dianggap lunas. Jika khawatir terhadap penipuan, kami sarankan membeli di Workshop kami di Surabaya, atau bertransaksi via Bukalapak..

T. Mengapa tidak menyediakan barang Ready Stock?
J. Kami adalah perusahaan berskala UKM dengan fasilitas dan biaya produksi yang sengaja kami batasi untuk menekan harga produk yang terlalu tinggi. Salah satu caranya adalah pesanan baru diproduksi setelah ada pesanan (Made by Order). Untuk diketahui, produsen penetas otomatis lain di tanah air juga menerapkan sistem ‘made by order’ dengan waktu inden bervariasi, hingga 14 hari ( saat ini inden Aviamax +/- 7 hari ).

T. Apakah juga menyediakan telur tetas?
J. Kami hanya menjual penetas telur, sedangkan telur tetasnya tentu saja pembeli yang mengusahakan sendiri.

T. Dimana bisa membeli / mendapatkan telur tetas?
J. Mendapatkan telur tetas tentu saja tidak mudah dan tidak bisa dibeli di banyak tempat. Di Indonesia, sentra produksi telur tetas banyak terdapat di Jawa Tengah dan Jawa Timur dan bisa dikirim ke seluruh Indonesia. Namun pembelian telur tetas tidak kami sarankan untuk jarak jauh karena telur akan banyak yang rusak akibat benturan, getaran dan panas selama proses pengiriman. Lebih baik pembelian dilakukan di sentra produksi telur tetas dan dibawa sendiri dengan perlakukan ekstra hati-hati terhadap getaran dan panas (diberi spon pada bagian bawah, dibawa dengan kendaraan pada saat cuaca tidak terlalu panas atau gunakan mobil ber-AC). Yang paling kami sarankan adalah memproduksi sendiri telur tetas dengan memelihara indukan karena akan mendapatkan telur tetas berkualitas bagus.

T.  Harga penetas Aviamax mahal, ada penetas otomatis merk lain dengan harga lebih murah.
J. Murah atau mahal tentunya relatif dan tidak bisa dibandingkan begitu saja, harus dilakukan komparasi dengan penetas yang mempunyai SPESIFIKASI dan kelengkapan setara. Coba perhatikan dan pelajari dengan seksama spesifikasi penetas merk lain dan bandingkan dengan penetas Aviamax. Perbedaan mencolok biasanya terletak pada penggunaan Thermostat yang digunakan, dimana merk lain hanya menggunakan thermostat WAFEL atau Thermostat Elektronik atau paling banter Thermostat Digital buatan China. Bahkan kami menjumpai ada penetas menggunakan pengatur suhu bukan Thermostat melainkan Dimmer untuk lampu rumah. Perhatikan juga rak telur yang hanya menggunakan satu jenis (setter) saja, bahkan ada yang masih menggunakan bahan kayu dengan kawat loket. Perbedaan lainnya yang cukup mencolok adalah penempatan lampu pemanas tanpa SEKAT, yang menyebabkan dalam posisi miring ada sisi rak telur yang terlalu dekat dengan lampu pemanas, sehingga telur yang berada pada tepi akan mengalami ‘Hot Spot’ atau panas berlebihan dan bisa mematikan embrio. Silakan diamati dengan teliti, banyak merek penetas full otomatis dijual dengan harga yang justru lebih mahal. Jadi silakan dinilai sendiri, semuanya terpulang kepada Anda…

T. Harga penetas Aviamax kok murah dibandingkan penetas otomatis merk lain?
J. Selain ada yang menganggap harga penetas Aviamax terlalu mahal, ada pula yang menganggap terlalu murah sehingga meragukan kualitas penetas Aviamax. Perlu kami jelaskan ada penetas otomatis merk lain yang menggunakan spare part / komponen impor yang mahal dengan kualitas yang tidak lebih baik daripada buatan lokal. Selain itu penetas tersebut juga banyak menggunakan komponen yang tidak terlalu signifikan fungsinya, seperti alat kontrol kelembaban. Sedangkan penetas Aviamax menggunakan desain yang efektif dan efisien dengan komponen lokal mencapai 80%, sehingga kualitas keseluruhan sama saja bahkan bisa lebih baik daripada penetas mahal tersebut. Jadi buat apa buang-buang uang untuk membeli barang mahal…

T. Apakah pengiriman penetas dijamin sampai dengan selamat?
J. Proses pengiriman barang di Indonesia memang seringkali bermasalah dengan keselamatan / keutuhan barang yang dikirim. Dari pantauan kami, tidak ada satupun perusahaan / jasa pengiriman barang yang 100% bagus. Pada prinsipnya kami menerapkan ‘Win win solution’, meskipun tanggung jawab secara hukum jika ada kerusakan saat pengiriman semestinya ada pada perusahaan jasa pengiriman barang. Solusi ‘jalan tengah’ yang kami terapkan adalah jika ada kerusakan tidak terlalu parah silakan diperbaiki sendiri atau bisa meminta bantuan servis elektronik setempat dengan panduan kami via telepon / sms. Jika ada spare part yang rusak silakan dikirim kembali spare partnya kepada kami dengan ongkos kirim ditanggung pembeli untuk diservis gratis dan ongkos kirim ke alamat pembeli akan kami tanggung 100%.  Jika rusak cukup parah dan tidak bisa diperbaiki sendiri kami tawarkan untuk dikirim kembali kepada kami secara utuh dengan ongkos kirim ke alamat kami ditanggung pembeli. Biaya servis gratis, sedang ongkos kirim ke alamat pembeli kami tanggung 100% untuk area Jawa, atau ditanggung bersama-sama (50% – 50%), untuk area luar Jawa.
Untuk mencegah / mengurangi kerusakan akibat proses pengiriman, barang selalu kami kirim menggunakan kemasan kardus  dengan bantalan di dalam dan peti kayu di luar. Dengan total produksi 800 unit (Juni 2013), sejauh ini prosentase kerusakan fatal akibat pengiriman hanya 0,125% , kerusakan spare part dan harus diganti hanya 0,625%, kerusakan ringan dan bisa diperbaiki sendiri hanya 1%. Prosentase kerusakan ini selalu mengalami penurunan seiring dengan perbaikan kualitas kemasan serta menganalisa dan memperkuat bagian yang sering rusak.

9 comments on “Pertanyaan

  1. Jika pesan mesin tetas otomatis telur ayam bangkok tipe 50 kira kira harga nya berapa ya sampai rumah ?

  2. kalo di kirim bekasi bisa gak?karganya berapa ?

    # Bisa kirim Bekasi, silakan kirim data pesanan dan alamat lebih lengkap. Bisa sms ke 08179383260 / 085707747468.

  3. Selamat pagi pak Bambang, saya sudah pakai produk MESIN PENETAS Aviamax A-100D tapi rak di desain utk telur burung. Yang saya tanyakan, kalo MESIN TETASnya saya alihkan fungsinya KHUSUS utk BROODER / PEMANAS ANAKAN sampai besar/lepas sapih, APA BISA YA? Mengingat disitu ada kipasnya dan lampu biasa hidup dan mati. Soalnya saya tidak punya Brooder dr produk Aviamax. Mohon penjelasannya, makasih.

  4. seandainya mau pesan pesin tetas kapasoitas 300 butir ada g …..
    trus berapa nilai jual mesin tetas tersebut.

Silakan memberi komentar, saran atau pemesanan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s