Thermostat yang bagus

Thermostat adalah jantung dari mesin tetas sehingga mutlak harus ada dalam mesin tetas. Fungsinya adalah sebagai alat untuk mengatur panas agar selalu dalam kisaran suhu tertentu. Dalam proses kerjanya, nilai suhu akan bergerak naik turun (berfluktuasi) pada toleransi tertentu, disebut hysteresis. Misal jika lampu pemanas pada mesin tetas hidup pada 37 derajat celcius, dan mati pada 38 derajat celcius, maka hysteresis-nya adalah 1 derajat celcius. Hysteresis pada thermostat ada yang permanen alias sudah paten (tergantung dari kualitas komponen) dan hysteresis yang bisa di atur (biasanya ada pada thermostat digital). Dari penelitian kami, hysteresis sebaiknya tidak melebihi 1 derajat celcius, karena bisa menurunkan daya tetas.

Pada umumnya thermostat yang banyak digunakan adalah tipe elektro-mekanikal seperti jenis wafel.
Mayoritas mesin tetas menggunakan thermostat jenis ini karena murah dan mudah dibuat,  namun jika tidak menggunakan komponen yang berkualitas, bisa menyebabkan kerusakan pada kontak microswitch yang berakibat kegagalan proses penetasan, akibat terjadinya bunga api pada kontak saat terhubung atau terlepas. Kegagalan lain juga bisa berasal dari bocornya wafel / kapsul sebagai sensor panas, dan rangka thermostat yang lentur. Biasanya rangka thermostat wafel terbuat dari metal, namun ada produsen yang membuat rangka thermostat wafel menggunakan plastik cetakan (produsen menyebut fiber..??). Hal ini adalah kesalahan fatal karena plastik mempunyai defleksi / kelenturan yang besar sehingga memperbesar fluktuasi suhu, belum lagi seiring bertambahnya waktu, plastik akan getas dan mudah patah.

Jenis thermostat lain yang biasa digunakan adalah jenis coil (berisi air raksa). Namun mengingat thermostat jenis ini adalah aplikasi untuk  refrigerator / kulkas, maka biasanya juga mempunyai fluktuasi suhu yang cukup besar, bisa mencapai 3 – 4 derajat celcius.

Thermostat yang paling modern adalah jenis elektronik dan digital. Namun karena mayoritas thermostat jenis ini adalah aplikasi untuk refrigerator, maka fluktuasi suhunya juga besar. Perkecualian untuk thermostat yang diset khusus dengan suhu mendekati suhu penetasan dan dapat disetel hysteresis-nya hingga +/- 0,1 derajat celcius. Thermostat jenis ini jarang diaplikasikan untuk penetas semi otomatis kapasitas kecil karena sangat mahal sehingga lebih cocok digunakan untuk mesin tetas full otomatis / kapasitas besar, karena akan sebanding dengan harganya. Namun hati-hati, sebaiknya tidak menggunakan hysteresis yang terlalu kecil karena bisa menimbulkan masalah kerusakan akibat komponen pemutus arus akan bekerja jauh lebih berat.

Thermostat made in Indonesia

Thermostat made in Indonesia aplikasi khusus penetas

Mengingat tuntutan masyarakat yang semakin beragam, saat ini penetas Aviamax sudah memasuki babak baru dengan memproduksi penetas full otomatis dengan thermostat elektronik dan digital. Thermostat elektronik / digital ini sudah melalui penelitian dan pengujian seksama dengan hysteresis diatur pada angka yang moderat yaitu 0,3 – 0,5 derajat celcius, dengan demikian akan dicapai suhu penetasan yang sangat ideal dan ketahanan thermostat lebih lama.

Karena itu untuk pembaca yang akan membeli mesin tetas, lakukan cek dengan seksama terutama mengenai spesifikasi pengatur suhu jenis thermostat (wafel/coil/elektronik analog / digital), bahan rangka (untuk thermostat wafel), komponen microswitch (untuk thermostat wafel), hysteresis / fluktuasi suhu, dll. Tidak ada salahnya menanyakan dengan detil spesifikasi thermostat seperti tersebut di atas. Perhatikan juga bahwa semua thermostat adalah otomatis, sehingga seharusnya tidak perlu disebut lagi agar tidak membingungkan, bahkan banyak orang yang terkecoh karena mengira mesin tetasnya full otomatis termasuk sistem pemutaran telurnya, padahal hanya thermostatnya yang otomatis.

Thermostat made in China

Thermostat made in China aplikasi refrigerator

Jangan menggunakan sembarang thermostat digital, apalagi yang mempunyai range suhu besar, dari 0 – 100 derajat celcius, karena semakin besar rangenya, akurasi akan menjadi rendah. Thermostat dengan range besar ini ( impor dari China) biasanya untuk aplikasi refrigerator atau pemanas yang tidak memerlukan akurasi tinggi. Cara mengetahui thermostat jenis apakah yang digunakan pada penetas, silakan cek gambar penetas tersebut secara menyeluruh. Thermostat digital made in Cina umumnya mempunyai bentuk yang lebih bagus, karena menggunakan bahan plastik cetakan pabrik. Sedang thermostat digital berkualitas baik buatan lokal biasanya mempunyai desain yang sederhana, karena lebih mementingkan fungsi daripada penampilan.

Kesimpulannya, thermostat / pengatur suhu yang paling bagus untuk penetas telur adalah tipe Digital dengan mikro kontroler (menggunakan IC yang bisa diprogram). Thermostat mikro kontrol digital ini telah diprogram KHUSUS untuk aplikasi penetas telur dengan range suhu cukup rapat, yaitu 30 – 40 derajat celcius, dan histeresis yang bisa diatur dari 0,1 – 1,5 derajat celcius.

11 comments on “Thermostat yang bagus

  1. Ping-balik: Maskara Korea Yang Bagus - Fashion dan Belanja Jadi Satu

Silakan memberi komentar, saran atau pemesanan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s