Profil Pembibit Ayam Onagadori

bambang adjiBeliau bernama depan sama  dengan saya, dan kami berkenalan di sebuah Poultry Shop di Surabaya awal tahun 2000. Ketika mengetahui bahwa beliau adalah pembibit ayam onagadori, saya sangat antusias untuk berkunjung ke farmnya, melihat dari dekat koleksi ayam onagadori yang beraneka ragam. Ayam onagadori milik beliau termasuk istimewa karena berasal dari telur ayam onagadori asli yang didatangkan langsung dari kota Kochi di Jepang tahun 1997, hasil dari kerjasama ‘Sister City’ antara kota Surabaya dan Kochi. Tidak heran rata-rata ayam onagadorinya mempunyai ekor yang cukup panjang, bahkan bisa mencapai 2 meter (konon terpanjang di Indonesia). Selain ayam onagadori, beliau juga membibitkan ayam phoenix (onagadorinya jerman), serama, burung dara hias, dll.

Cukup terkesima juga melihat farm di dalam rumah yang ditata dengan rapi dengan sirkulasi udara bagus menggunakan ‘turbine ventilator’ sehingga tidak terasa pengap. Meskipun terkesan padat dengan kandang, kebersihan sangat terjaga, mencerminkan sifat baik pemiliknya yang juga sangat ramah dan terbuka. Pengetahuan beliau mengenai dunia perunggasan cukup mengesankan juga karena mempunyai banyak ilmu peternakan yang langka dan saya nilai setara dengan para profesor ilmu peternakan (yang pelit untuk membagi ilmunya), padahal beliau tidak mempunyai latar belakang akedemis ilmu peternakan / hanya otodidak.

IM000942.JPG

Prototipe Aviamax 2005

Di tahun 2005 beliau tertarik dengan ‘prototipe’ penetas otomatis dengan pemutar motor elektrik buatan saya, yang waktu itu saya jual dengan harga tidak lebih dari 500 ribu rupiah. Karena masih bersifat prototipe, mesin penetas tersebut sempat beberapa kali ‘ngadat’ karena sistem pemutar tidak bekerja baik. Setelah beberapa kali diperbaiki, mesin tetas tersebut bisa bekerja normal hingga sekarang. Hasil penetasan juga oke, bahkan beliau mengakui sangat bagus karena daya tetasnya cukup tinggi dan bisa meminimalkan anakan yang cacat, padahal ayam onagadori termasuk ayam yang sulit pengembang biakannya di Indonesia karena aslinya hidup di daerah Sub Tropis.  Cukup ‘surprise’ dengan kondisi mesin tetas tersebut yang masih terjaga dengan baik, maklum orangnya sangat menjaga kebersihan. Komponen seperti motor, timer dan termostat wafel (juga buatan saya sendiri) masih berjalan dengan normal, tanpa pernah ada penggantian sama sekali selama lebih dari 8 tahun!. Ini adalah bukti kualitas penetas Aviamax yang tidak perlu diragukan lagi. Good Job…

Jadi beliau adalah ‘Laboratorium Hidup’ yang sering saya gunakan masukan-masukannya untuk melakukan inovasi pada mesin tetas Aviamax. Kini beliau juga menggunakan mesin tetas Aviamax terbaru untuk menetaskan telur ayam onagadorinya, sambil mesin tetas lama tetap digunakan. Selain saya menjual sendiri penetas Aviamax via online, beliau juga menjadi agen penjualan secara offline kepada tamu-tamu pembeli ayam onagadorinya. Jika anda mencari ayam onagadori, serama dan burung dara hias yang berkualitas, silakan kunjungi blog beliau di surabayandrfarm.blogspot.com.

3 comments on “Profil Pembibit Ayam Onagadori

  1. salam kenal apa disini bisadapat bibit ayam petelur ka?

    # Maaf kami tidak menjual bibit ayam, hanya produksi penetas telur otomatis.

  2. Ping-balik: Profil Pembibit Ayam Onagadori | PENETAS TELUR FULL OTOMATIS

Silakan memberi komentar, saran atau pemesanan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s