Solusi Listrik Padam

Salah satu hambatan utama usaha pembibitan unggas di Indonesia adalah ketersediaan pasokan listrik yang tidak bisa konsisten, terutama yang berada di daerah terpencil. Walaupun PLN menjamin agar listrik di seluruh pelosok Indonesia tidak ‘byar pet’, namun faktanya masih banyak pemadaman bergilir terutama di pelosok Indonesia. Kondisi kelistrikan yang cukup menyedihkan ini bukan hanya terjadi di pelosok,  bahkan di perkotaanpun kualitas pasokan listrik masih bermasalah, yaitu listrik yang berfluktuasi atau tegangan yang rendah.

Hal ini sebenarnya sangat merepotkan dan merugikan, bukan saja bisa merusak peralatan elektronik dalam mesin penetas, tetapi juga menyebabkan lampu pijar dalam mesin penetas menjadi lebih redup dan akibatnya panas ideal yang dibutuhkan untuk menetaskan telur tidak bisa tercapai, sehingga mau tidak mau harus menggunakan lampu dengan daya lebih besar, yang ujung ujungnya akan meningkatkan biaya produksi bibit unggas.

UPS

Berikut ini adalah cara untuk mengatasi masalah kelistrikan yang amburadul.

– Jika listrik sering naik turun atau voltase drop, gunakan Stavol dengan servo motor untuk membantu kestabilan arus listrik. Stavol ini memang lebih mahal daripada stavol biasa, tetapi lebih powerful dan bisa digunakan untuk peralatan listrik lainnya.
– Jika diperkirakan listrik hanya akan padam maksimal 3 jam dan hanya berlangsung sesekali / tidak kontinyu setiap hari, maka tidak mengakibatkan kegagalan penetasan, asalkan telur sudah tumbuh bibitnya (masuk dalam mesin penetas minimal 3 hari) dan pintu mesin penetas tidak dibuka untuk mempertahankan panas tidak cepat hilang.
– Jika listrik sering padam, bahkan tiap hari dan lebih dari 3 jam, maka sangat dianjurkan menggunakan pemanas darurat berupa lampu minyak (sudah tersedia untuk penetas kecil kapasitas 200 telur ke bawah).
– Menggunakan UPS (Uninterruptible power supply) untuk komputer, namun hanya bertahan beberapa jam. Cocok untuk tempat yang sering mengalami pemadaman bergilir maksimal 3 jam sehari.

Power Inverter

Power Inverter

– Menggunakan Inverter (alat untuk mengubah / menaikkan tegangan DC 12v menjadi AC 220V), dengan sumber tenaga dari Aki motor / mobil. Daya tahan tergantung arus output aki, semakin besar tentunya lebih lama menyala. Aki motor 3,5AH bisa menyediakan nyala 1-2 jam, aki mobil 40AH bisa lebih dari 10 jam.
– Gunakan Genset kecil / portable, jika sering mengalami pemadaman bergilir lebih dari 3 jam sehari.

Meskipun pada mesin penetas Aviamax sudah disediakan pelat pemanas untuk aplikasi pemanas darurat menggunakan lampu minyak, namun dengan alasan kepraktisan dan kesulitan untuk mengatur panas, lebih disarankan menggunakan UPS atau genset. Harga UPS atau genset tidak terlalu mahal, di toko alat permesinan harganya di bawah 1 juta rupiah, bahkan lebih murah dari mesin penetasnya sendiri. Khusus untuk genset bisa berfungsi ganda, selain untuk menghidupkan mesin penetas juga bisa untuk menerangi rumah.

Karena itu, jika ada masalah listrik ‘byar pet’ ,  secara berurutan kami sarankan menggunakan:

Genset

Inverter + Aki motor / mobil + Charger. Harga inverter 150 – 200rb (100 watt), Charger 150 – 500rb.
Genset, dengan harga 800 ribu – 1 juta rupiah (daya listrik 600 watt), sangat praktis, juga berfungsi ganda agar rumah tidak gelap gulita serasa  ‘kembali’  ke jaman batu .
UPS, harga sekitar 400rb –  jutaan rupiah, cocok untuk pemadaman listrik bergilir / sering, dengan durasi maksimal 3 jam. Kemampuan bisa menurun seiring dengan pemakaian baterai.
Lampu minyak, sangat murah tapi tidak praktis dan sulit mengatur suhu, hanya cocok untuk listrik yang tidak sering ‘byar pet’.

4 comments on “Solusi Listrik Padam

  1. Pnya saya baru tak masukin telur nya ke mesin kurang lebih 1/4 jam terus mati listrik..gimana berpengaruh gak

    # Listrik padam 1/4 jam tidak berpengaruh pada telur tetas.

  2. Om, Thermostatnya serring berkelap – kelip seperti lampu disko begitu ? kenapa demikian om, dan bagai mana soluisinya om ??

    # Maaf saya kurang paham maksudnya, apakah karena seting hysteresis yang terlalu rapat sehingga lampu menyala terlalu cepat. Untuk pertanyaan lebih detil bisa kontak via email bambymal@yahoo.co.id. Mungkin perlu kami jawab dengan lebih panjang lebar agar bisa ditemukan solusinya. Trims

  3. Terima kasih atas idenya mas. Kebetulan d tempat saya listrik selalu mati 3 jam/hari. Dan penetasan telur agak terancam.

    # Kalau listrik selalu mati tiap hari, bisa dicoba inverter + aki 40Ah, kelebihan dayanya bisa untuk peralatan lain. Trims

Silakan memberi komentar, saran atau pemesanan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s