Awas! Penetas Digital Abal-abal

Tulisan kami ini bukan bermaksud untuk mendiskreditkan beberapa merk penetas telur otomatis yang beredar di pasaran. Tujuannya tak lain agar calon pembeli penetas otomatis lebih berhati-hati dengan label digital yang banyak disematkan pada penetas produksi mereka. Seperti diketahui, akhir-akhir ini mulai marak dipasarkan penetas telur sistem pemutaran telur otomatis. Pada prinsipnya cukup mudah untuk memproduksi dan menjual penetas sistem otomatis, apalagi sekarang ada beberapa produsen yang menjual komponen sistem pemutaran telur dalam bentuk modul-modul.

Namun demikian, pada prakteknya, kualitas penetas telur bukan hanya ditentukan dari sistem pemutaran telur saja, karena sistem pemutaran telur hanya berpengaruh pada kemudahan pemutaran telur yang tadinya dilakukan secara manual, kini diambil alih oleh ‘mesin’. Kualitas penetas telur menjadi tidak berarti jika suhu dalam penetas tidak akurat dan tidak merata.

Untuk diketahui, akurasi suhu terbaik pada penetas telur HANYA bisa dicapai dengan menggunakan sistem pengatur suhu digital dengan mikro kontroler. Pengatur suhu dengan akurasi tinggi ini umumnya TIDAK diproduksi oleh industri besar dan hanya diproduksi oleh industri kecil / mikro. Beberapa produsen penetas telur otomatis kini mulai memasarkan penetas telur otomatis digital yang bisa mengelabui calon pembeli, karena banyak orang-orang yang kurang teliti dan hanya memburu barang berharga murah. Secara etika bisnis, hal ini boleh dibilang tidak melanggar, namun yang pasti bisa menyebabkan penyesalan dari pembeli karena mengira akan mendapatkan penetas telur digital ‘sejati’.

Tampilan Termometer Digital

Tampilan Termometer Digital

Biasanya alat yang digunakan oleh produsen penetas otomatis digital ‘Abal-abal’ ini hanyalah ‘Penampil Suhu Digital’ alias TERMOMETER DIGITAL. Termometer digital tentu berbeda dengan TERMOSTAT DIGITAL, karena Termostat Digital mempunyai fungsi sebagai penampil / termometer digital sekaligus sebagai ‘pemutus arus listrik’ pemanas yang digunakan dalam penetas telur. Lalu apakah yang digunakan penetas telur ‘Abal-abal’ ini untuk memutus arus pemanas?. Umumnya mereka menggunakan thermostat jenis Wafel atau Elektronik yang berharga jauh lebih murah daripada thermostat digital.

Tampilan display Led 7 segment

Tampilan Termostat Digital Led 7 segment

Cara mudah untuk mengetahui apakah penetas telur dilengkapi dengan hanya Termometer Digital atau dengan Termostat Digital, adalah dengan melihat HARGA penetas telur tersebut. Dari pantauan kami, penetas telur dengan hanya Termometer Digital biasanya dijual dengan harga di bawah 1 juta rupiah atau lebih sedikit untuk kapasitas 100 ke atas. Sedang penetas telur dengan termostat digital ‘sejati’ seperti Aviamax, biasanya dijual dengan harga Rp. 1,3 juta ke atas. Jika ingin mengetahui lebih detail, tentunya dengan melihat spesifikasi penetas telur tersebut atau menanyakan pada penjualnya. Secara fisik, termometer digital umunya bertipe 7 segmen biasa (angka hitam dengan latar belakang silver), sedangkan termostat digital bertipe 7 segmen dengan lampu led atau layar LCD, sehingga akan menyala dan terlihat dalam gelap.

One comment on “Awas! Penetas Digital Abal-abal

  1. Silahkan rekan rekan yg punya pengalaman tertipu saling informasi, biar tidak ada korban yg lain,saya beli mesin tetas digital kapasitas 500 btr telor bebek dan disetting tinggal pakai ,janji lama pembuatan 10 hr kerja ,1 bln br selesai.setelah dicoba amat sangat mengecewakan .hati2 dengan lebel full otomatis .cari produksen yg benar2 profesional dan bertanggung jawab.
    alamat produksi jelas,mudah untuk komunikasi

    Terimakasih AVIAMAX semoga sukses ,artikel sangat membatu saya untuk belajar memahami kuwalitas mesin tetas yg baik

Silakan memberi komentar, saran atau pemesanan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s