Thermostat yang bagus

Thermostat adalah jantung dari mesin tetas sehingga mutlak harus ada dalam mesin tetas. Fungsinya adalah sebagai alat untuk mengatur panas agar selalu dalam kisaran suhu tertentu. Dalam proses kerjanya, nilai suhu akan bergerak naik turun (berfluktuasi) pada toleransi tertentu, disebut hysteresis. Misal jika lampu pemanas pada mesin tetas hidup pada 37 derajat celcius, dan mati pada 38 derajat celcius, maka hysteresis-nya adalah 1 derajat celcius. Hysteresis pada thermostat ada yang permanen alias sudah paten (tergantung dari kualitas komponen) dan hysteresis yang bisa di atur (biasanya ada pada thermostat digital). Dari penelitian kami, hysteresis sebaiknya tidak melebihi 1 derajat celcius, karena bisa menurunkan daya tetas.

Pada umumnya thermostat yang banyak digunakan adalah tipe elektro-mekanikal seperti jenis wafel.
Mayoritas mesin tetas menggunakan thermostat jenis ini karena murah dan mudah dibuat,  namun jika tidak menggunakan komponen yang berkualitas, bisa menyebabkan kerusakan pada kontak microswitch yang berakibat kegagalan proses penetasan, akibat terjadinya bunga api pada kontak saat terhubung atau terlepas. Kegagalan lain juga bisa berasal dari bocornya wafel / kapsul sebagai sensor panas, dan rangka thermostat yang lentur. Biasanya rangka thermostat wafel terbuat dari metal, namun ada produsen yang membuat rangka thermostat wafel menggunakan plastik cetakan (produsen menyebut fiber..??). Hal ini adalah kesalahan fatal karena plastik mempunyai defleksi / kelenturan yang besar sehingga memperbesar fluktuasi suhu, belum lagi seiring bertambahnya waktu, plastik akan getas dan mudah patah.

Jenis thermostat lain yang biasa digunakan adalah jenis coil (berisi air raksa). Namun mengingat thermostat jenis ini adalah aplikasi untuk  refrigerator / kulkas, maka biasanya juga mempunyai fluktuasi suhu yang cukup besar, bisa mencapai 3 Р4 derajat celcius.

Thermostat yang paling modern adalah jenis elektronik dan digital. Namun karena mayoritas thermostat jenis ini adalah aplikasi untuk refrigerator, maka fluktuasi suhunya juga besar. Perkecualian untuk thermostat yang diset khusus dengan suhu mendekati suhu penetasan dan dapat disetel hysteresis-nya hingga +/- 0,1 derajat celcius. Thermostat jenis ini jarang diaplikasikan untuk penetas semi otomatis kapasitas kecil karena sangat mahal sehingga lebih cocok digunakan untuk mesin tetas full otomatis / kapasitas besar, karena akan sebanding dengan harganya. Namun hati-hati, sebaiknya tidak menggunakan hysteresis yang terlalu kecil karena bisa menimbulkan masalah kerusakan akibat komponen pemutus arus akan bekerja jauh lebih berat.

Mengingat tuntutan masyarakat yang semakin beragam, saat ini penetas Aviamax sudah memasuki babak baru dengan memproduksi penetas full otomatis dengan thermostat elektronik dan digital. Thermostat elektronik / digital ini sudah melalui penelitian dan pengujian seksama dengan hysteresis diatur pada angka yang moderat yaitu 0,3 – 0,5 derajat celcius, dengan demikian akan dicapai suhu penetasan yang sangat ideal dan ketahanan thermostat lebih lama.

Karena itu untuk pembaca yang akan membeli mesin tetas, lakukan cek dengan seksama terutama mengenai spesifikasi pengatur suhu jenis thermostat (wafel/coil/elektronik analog / digital), bahan rangka (untuk thermostat wafel), komponen microswitch (untuk thermostat wafel), hysteresis / fluktuasi suhu, dll. Tidak ada salahnya menanyakan dengan detil spesifikasi thermostat seperti tersebut di atas. Perhatikan juga bahwa semua thermostat adalah otomatis, sehingga seharusnya tidak perlu disebut lagi agar tidak membingungkan, bahkan banyak orang yang terkecoh karena mengira mesin tetasnya full otomatis termasuk sistem pemutaran telurnya, padahal hanya thermostatnya yang otomatis.

7 comments on “Thermostat yang bagus

  1. Di daerah sy listrik sering sekali padam. Untuk mengatasi ini, sy menggunakan pemanas cadangan berupa lampu minyak tanah. Panas lampu minyak tanah ini sy salurkan ke dalam ruang mesin tetas menggunakan pipa seng, dimana pada bagian tertentu sy beri katup buka/tutup. Katup ini berguna untuk membuang panas bila suhu dalam ruang mesin melebihi dari yg sy kehendaki. Tapi ini juga sangat merepotkan, karena sy harus sering mengontrol suhu. Nah, melalui forum ini, sy ingin tanyakan: adakah alat mekanis yg kerjanya membuka/tutup katup tsb di atas yg bekerjanya berdasarkan alat lain thermostat ? Terimakasih

  2. Saya beli penetas baru pakai thermostat wafel….pas masuk hari ke 18 thermostat nya tidak mau mematikan listrik (rusak)…..dan demi kestabilan terpaksa harus matikan lampu manual…wah repot amat…3-4 harus harus begadang ngurus telurnya….hanya sebuah saran: JANGAN SEKALI2 membeli penetas dengan Thermostat dengan wafel ( susah /repot ).Thanks.

    # Sebenarnya thermostat apapun termasuk jenis wafel tidak masalah digunakan, tetapi syaratnya harus menggunakan komponen (microswitch dan sensor panas kapsul) yang berkualitas dan sesuai speknya untuk penetas telur. Masalahnya di jaman yang modern ini komponen seperti microswitch justru menurun kualitasnya dibandingkan satu dekade yang lalu. Dahulu saya masih bisa menemukan microswitch Omr** asli tapi lisensi Malaysia atau Indonesia dan sangat bagus kualitasnya bahkan bisa bertahan 8 tahun lebih. Namun sekarang sudah menghilang dari pasaran dan diganti microswitch Omr** abal-abal yang mudah terbakar kontaknya (seperti kasus Anda). Kami sarankan untuk mengganti microswitch, dan karena sulit mencari microswitch Omr** asli, alternatifnya gunakan microswitch buatan Korea, misalnya merk Dec*. Jika ada dana lebih, silakan dicoba thermostat tipe elektronik atau digital, yang tipe elektronik bisa dicari di situs lain, yang digital bisa kami sediakan, harga berkisar 100rb – 350rb. Trims

  3. thermostat yg bagus merknya apa dan brp harganya

    # Thermostat yang umum digunakan untuk penetas telur adalah tipe wafel, elektronik dan digital, dll. Untuk thermostat wafel, hendaknya melihat pada desain / bahan rangka, microswitch dan kapsul (sensor panas) karena bisa mempengaruhi fluktuasi panas, keawetan dan kemudahan pengaturan suhu.
    Untuk tipe elektronik dan digital hendaknya digunakan thermostat khusus penetas telur, yang mempunyai range pengaturan suhu 37-40 derajat, karena lebih akurat dan rendah fluktuasi suhunya. Sebaiknya jangan gunakan thermostat aplikasi untuk suhu tinggi (oven) atau suhu rendah (refrigerator) karena fluktuasi suhu bisa mencapai 4-5 derajat celcius.
    Secara umum thermostat yang sesuai untuk penetas telur adalah yang mempunyai fluktuasi suhu maksimal 2 derajat celcius, tapi yang terbaik fluktuasi suhu maksimal 1 derajat celcius.
    Karena itu jangan segan-segan untuk menanyakan spesifikasi dari thermostat, karena komponen ini adalah jantung penetas telur yang mempengaruhi kualitas daya tetasnya.

  4. Taksiran harga kira-kira berapa ya boss untuk yang kapasitas 50 trus pake yang digital (dual temperature controller) itu? gak sabar nih nunggu isa beli dan buat di pamerin he temen2 he he ….

    #Silakan melihat daftar harga terbaru, harapan kami harga terbaru masih bisa terjangkau oleh berbagai lapisan masyarakat.

  5. Saatnya mengucapkan selamat tinggal pada thermostat wafel dan beralih ke teknologi digital saatnya beralih dari teknologi telegraph ke satelit …. lihat ini : ryusaint.blogspot.com ….

    Secara prinsip sebenarnya termostat dengan teknologi wafel tidak lebih jelek daripada teknologi digital. Teknologi digital lebih menekankan pada sisi kepraktisan dan kemudahan pengaturan, bukan akurasi, daya tetas dan daya tahan, karena pada kenyataannya semakin canggih suatu alat, akan semakin ringkih dan sulit pengoperasiannya. Tentu semuanya kembali kepada kebutuhan, tingkat pengetahuan dan yang paling penting adalah kemampuan finansial pengguna.
    Tidak perlu kuatir, diakhir tahun ini kami juga berencana merilis produk penetas otomatis dengan kontrol elektronik / digital, dengan dual temperature controller. Namun demikian kami tetap akan memproduksi penetas dengan termostat wafel karena sudah teruji kualitasnya dan lebih terjangkau, sehingga nantinya akan tersedia penetas untuk berbagai lapisan masyarakat.

Silakan memberi komentar, saran atau pemesanan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s